Indian Ocean Wave Exercise (IOWave20) sebagai Mitigasi dalam menghadapi bencana Gempabumi dan Tsunami

Rabu, 7 Oktober 2020

Selasa 6 oktober 2020, BBMKG Wilayah III Denpasar ikut berpartisipasi dalam kegiatan Indian Ocean Wave Exercise (IOWave20) yaitu latihanĀ  mitigasi dan evakuasi dalam meresponse sistem peringatan dini tsunami yang diselenggarakan serentak di 28 negara di Samudera Hindia, dan dari skala Nasional diiikuti oleh BMKG, BNPB, ITB, UNESCO-IOTIC, BIG, BPPT, UN-Inspire, Basarnas, Media Nasional; Metro TV, MNC TV, INews, TV One, juga media lokal, 36 UPT BMKG, 130 BPBD dari 19 Provinsi, Bandara Internasionanal Yogyakarta (YIA), ORARI, RAPI, Satuan Radar 215 Congot, Universitas Mataram, Hotel Nusa Dua, Hotel Mabruk dan Perusahaan, dan juga diikuti oleh masyarakat umum melalui link youtube. Khusus untuk wilayah Bali ada 13 instansi/sektor privat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu BBMKG Wilayah III, Stageof Denpasar, BPBD Provinsi Bali, BPBD Denpasar, BPBD Badung, BPBD Tabanan, BPBD Buleleng, BPBD Klungkung, BPBD Karangasem, BPBD Jembrana, RRI Denpasar, ITDC The Nusa Dua, serta Nusa Dua Beach Hotel & Spa.

Dalam simulasi latihan ini untuk pertama kalinya digunakan moda diseminasi WRS, yaitu WRS NewGen selain juga menggunakan moda SMS, email dan WA. Karena masih adanya pandemi Covid19 maka metode latihan yang digunakan adalah Table Top Exercise (TTX) secara virtual. Seluruh pelaku, fasilitator dan observer akan merespon seluruh scenario latihan sesuai dengan SOP yang berlaku di instansi masing-masing. Dalam latihan ini BMKG memperkenalkan moda diseminasi WRS New Gen yang saat ini sudah terpasang di 12 lokasi di Provinsi Bali, dengan simulasi yang realtime dari WRS New Gen akan mampu menjadi "Heads Up Message" bagi stakeholder dalam menerima informasi dan mampu merespon cepat atas informasi tersebut.

Dari hasil evaluasi penyelenggaraan kegiatan dengan adanya pelatihan yang menggunakan simulasi moda WRS New Gen, stakeholder kebencanaan di wilayah Bali seperti BPBD, RRI, dll mampu memahami pesan warning yang disampaikan oleh BMKG dengan baik, dengan tingkat pemahaman ini maka target dan tujuan untuk dapat memahami pesan warning dari BMKG sudah tercapai. Dengan pemahaman dalam membaca pesan warning dari BMKG, stakeholder dapat memutuskan langkah-langkah yang tepat guna mengurangi korban akibat bencana tsunami di wilayah provinsi Bali. Dengan adanya antusiasme dan semangat yang tinggi dari peserta latihan, diharapkan kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk terus membangun kesiapsiagaan tsunami di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Bali.


Dokumentasi kegiatan IOWAVe di BPBD Badung

Dokumentasi kegiatan IOWAVe di BPBD Provinsi Bali

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
20-Oct-20, 10:12:50 WIB
Magnitude : 5.1 SR
Kedalaman : 71 Km
Lokasi : 1.77 LU ; 127.30 BT
56 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
11-Oct-20, 00:41:46 WITA
Magnitude : 3.9 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 9.91 LS ; 118.60 BT
55 km BaratDaya KODI-SUMBABARATDAYA-NTT




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca