Kunjungan Tim Televisi Perancis (ARTE TV) Dalam Rangka Survey Pembuatan Film Dokumenter Bencana Alam Gunung Agung

Jumat, 7 Februari 2020

Badung- Jum’at (7/2), BBMKG Wilayah III dan Stasiun Meteorologi Ngurah Rai menerima kunjungan tim Televisi Prancis (Arte TV). Kunjungan ini diterima oleh Bapak Kepala Bidang Data dan Informasi didampingi dengan Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa dan Kepala Sub Bidang Pengumpulan dan Penyebaran. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka survey pembuatan film dokumenter bencana alam yaitu erupsi Gunung Agung yang terekam di sensor BMKG serta mengetahui bagaimana respon analis on duty terkait sebaran abu vulkanik yang akan dijadikan bahan pertimbangan dalam pembukaan / penutupan bandara.

Mr. Martin Courcier, penulis dan author dari kegiatan ini menyampaikan bahwa film dokumenter ini adalah season ke dua dari TV shows film dokumenter tentang "the world's volcanoes". Pada proses pembuatan film dokumenter tersebut melibatkan Fixed/penanggungjawab produksi dari Hadua production Indonesia.

Kabid Datin BBMKG Wilayah III didampingi oleh Kasubid Pelayanan Jasa, Kasubid Pengumpulan dan Penyebaran dan juga Kasidatin Stamet Ngurahrai menyampaikan peran BMKG dalam hal kejadian erupsi gunung api yang sudah tertuang dalam SOP erupsi gunung api adalah memberikan informasi terkait aktifitas kegempaan di wilayah gunung Agung, informasi cuaca publik terutama di area terdampak, dan informasi cuaca penerbangan termasuk sebaran abu vulkanik (VA) yang menjadi pertimbangan buka tutup bandara.

Selanjutnya Tim Arte TV melakukan technical visit ke ruangan-ruangan, baik itu ruangan Meteorology Early Warning Sytem (MEWS) dan Tsunami Early Warning System (TEWS) untuk meninjau secara langsung operasional BMKG di bidang cuaca dan gempabumi tsunami. Kemudian, masing-masing Kepala Sub Bidang memberikan penjelasan singkat terkait Standard Operational Prosedure (SOP) untuk MEWS dan TEWS.

Diskusi yang menarik pun terjadi diantara kedua belah pihak, dimana pihak BMKG sangat antusias dalam memberikan penjelasan dan tim media Prancis yang begitu tertarik dengan penjelasan dan system serta operasional yang dimiliki oleh BMKG dalam mendeteksi cuaca dan gempabumi tsunami. Setelah diskusi dilanjutkan dengan foto bersama dan kunjungan dilanjutkan untuk meninjau system peralatan LIDAR yang berada di Stasiun Meteorologi Ngurah Rai.


Kunjungan ke ruang TEWS

Kunjungan ke ruang MEWS

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
02-Apr-20, 09:13:13 WIB
Magnitude : 5.5 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 7.93 LS ; 125.62 BT
125 km TimurLaut ALOR-NTT
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
02-Apr-20, 11:34:46 WITA
Magnitude : 4.3 SR
Kedalaman : 17 Km
Lokasi : 9.42 LS ; 114.69 BT
91 km BaratDaya KUTASELATAN-BALI




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca