Sekolah Lapang Gempabumi Kelurahan Tanjung Benoa Tahun 2021

Senin - Selasa, 29 - 30 November 2021

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III menyelenggarakan Sekolah Lapang Gempabumi (SLG) yang bertema “Mewujudkan Masyarakat Siaga Tsunami (Tsunami Ready Community)” di Kelurahan Tanjung Benoa, Badung pada tanggal 29 – 30 November 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang tanggap terhadap bencana gempabumi dan tsunami di Kelurahan Tanjung Benoa. Selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat siaga tsunami yang ditetapkan oleh UNESCO-IOC. Untuk mewujudkan hal tersebut maka komunitas harus memiliki 12 indikator yang telah ditetapkan.
Kegiatan SLG ini diikuti oleh 50 peserta mewakili masyarakat, dinas atau instansi di lingkup Pemkab Badung, Polri, TNI, media, pelaku pariwisata, sekolah dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Acara yang mengambil tempat di SMP Negeri 3 Kuta Selatan dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Geofisika BMKG, Dr. Ir. Muhamad Sadly, M.Eng.
Kegiatan hari pertama diawali dengan Penyampaian Materi tentang Potensi Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Badung, dilanjutkan dengan Acara Pembukaan Kegiatan SLG, Press Conference, kemudian masuk dalam Sesi I yaitu Penyampaian Materi tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Gempabumi dan Tsunami, dilanjutkan Sesi II yaitu Diskusi Kelompok Tim Siaga Bencana dan SOP Respon Gempabumi dan Tsunami.
Kegiatan hari kedua diawali dengan Susur Jalur Evakuasi, kemudian dilanjutkan Diskusi Kelompok Peta Evakuasi, selanjutnya Penyusunan Rekomendasi dan Tindak Lanjut, kemudian dilanjutkan dengan Kegiatan Table Top Exercise (TTX) dan ditutup dengan Acara Penutupan Kegiatan SLG Tahun 2021.


Kegiatan SLG Hari Pertama

Kegiatan SLG Hari Kedua

Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2020

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca