Audiensi BBMKG Wilayah III Denpasar dengan Wakil Bupati Buleleng Terkait Pembangunan Shelter di Buleleng serta Kunjungan Kerja ke RRI Singaraja

Kamis, 28 Januari 2021

Badung – Kamis (28/1), Balai Besar MKG Wilayah III beserta stasiun geofisika Sanglah melaksanakan audiensi dengan Wakil Bupati Buleleng Bapak dr. I Nyoman Sujitra SPOG., yang didampingi Kalaksa BPBD Buleleng terkait permohonan ijin pinjam pakai lahan untuk pembangunan shelter seismik di Kabupaten Buleleng. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar MKG Wilayah III menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan pinjam pakai lahan shelter seismik di Seririt yang dibangun tahun 2020 dan sekarang sudah operasional. Tahun ini BMKG memohon bantuan lahan kepada Pemda Buleleng kembali, untuk membangun shelter seismik tahun 2021, selain itu disampaikan pula tentang situasi terkini tentang potensi bencana akibat cuaca ekstrem dan Gempabumi di wilayah Buleleng, sesuai amanat KBMKG.

Wakil Bupati Buleleng menyambut baik dan mendukung program BMKG dan siap menyediakan lahan aset pemda apabila sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan BMKG. Pada kesempatan yang sama, Kalaksa BPBD menyampaikan terimakasih atas bantuan peralatan yang diberikan BMKG seperti WRS NewGen dan Intensitymeter yang memberikan info gempa dan tsunami secara cepat.

Pada hari yang sama dilakukan kunjungan ke RRI Singaraja, untuk mempererat hubungan kedua instansi dan sebagai tindak-lanjut arahan KBMKG tentang diseminasi info MKG yang lebih detil dalam virtual meeting antara BMKG-RRI Pusat dengan UPT BMKG dan Stasiun RRI daerah. Bapak Ahmad Wardi selaku Kepala LPP RRI Singaraja menyambut baik respon cepat BMKG dalam diseminasi informasi dan sosialisasi Info MKG untuk meningkatkan literasi kebencanaan masyarakat Buleleng. RRI Singaraja mendukung dan siap menyampaikan informasi MKG kepada masyarakat Buleleng sehingga masyarakat lebih siap dalam antisipasi bencana akibat cuaca ekstrem, Gempabumi dan tsunami.


Audiensi Balai Besar MKG Wilayah III dan stasiun geofisika Sanglah dengan Wakil Bupati Buleleng Bapak dr. I Nyoman Sujitra SPOG., didampingi oleh Kalaksa BPBD Buleleng

Meninjau Lahan untuk Pembangunan Shelter Seismik di Kabupaten Buleleng

Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2020

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
20 Jun 2021, 04:12:12 WIB
Magnitude : 5.4
Kedalaman : 10 km
Lokasi : 4.77 LS ; 102.52 BT
Pusat gempa berada di laut 56 km BaratDaya Bengkulu Selatan
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
22-May-21, 22:45:53 WITA
Magnitude : 3.6 SR
Kedalaman : 41 Km
Lokasi : 9.58 LS ; 120.25 BT
9 km BaratLaut WAINGAPU-NTT




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca