Audiensi BBMKG Wilayah III Bali dengan Gubernur Bali terkait Program dan Kegiatan BMKG Serta Peletakan Batu Pertama Pembangunan Shelter 2020

Selasa, 11 Agustus 2020

Pada hari Selasa (11/08), bertempat di kantor Gubernur Bali, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) Wilayah III dan Stasiun Geofisika Sanglah Denpasar yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah III, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl.SEIS, melakukan audiensi dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster dan didampingi oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BBMKG Wilayah III menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Bali terkait Program dan Kegiatan yang dilakukan BMKG di tahun 2019, seperti pembangunan dua shelter seismik di Nusa Penida dan Kintamani-Bangli serta Instalasi 50 intensitymeter di wilayah Bali. Selain itu, Kepala BBMKG Wilayah III juga meminta dukungan dan do’a restu untuk pelaksanaan progam dan kegiatan BMKG di tahun 2020, seperti pembangunan shelter di Badung, Buleleng, dan Jembrana, serta pelaksanaan kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) dan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN).

Selanjutnya, Gubernur Bali memberikan respon positif dengan mendukung penuh program dan kegiatan BMKG yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Bali dan juga meminta BMKG untuk melanjutkan dan bila perlu dilakukan kerjasama dengan PemProv terkait kegiatan SLI dan SLCN. Selain itu, Gubernur Bali juga mendorong BPBD dan BMKG untuk segera mempercepat penyelesaian draft Pergub Sertifikasi Hotel untuk memperkuat pengelolaan sektor pariwisata Bali.

Keesokan harinya, hari Rabu (12/08) Kepala BBMKG Wilayah III dan Kalaksa BPBD Kabupaten Badung beserta rombongan melaksanakan peletakan batu pertama pertanda dimulainya kegiatan pembangunan shelter di Provinsi Bali. Dalam sambutannya, Kepala BBMKG Wilayah III menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Badung dan jajarannya serta seluruh BPBD di provinsi Bali dalam mendukung program-program BMKG, sehingga dapat terlaksana dengan baik. Dengan penambahan 3 sensor di provinsi Bali diharapkan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami dapat lebih cepat, tepat dan akurat.


Audiensi BMKG dengan Gubernur dan Kalaksa BPBD Provinsi

Peletakan Batu Pertama oleh Kepala BBMKG Wilayah III

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
20-Oct-20, 10:12:50 WIB
Magnitude : 5.1 SR
Kedalaman : 71 Km
Lokasi : 1.77 LU ; 127.30 BT
56 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
11-Oct-20, 00:41:46 WITA
Magnitude : 3.9 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 9.91 LS ; 118.60 BT
55 km BaratDaya KODI-SUMBABARATDAYA-NTT




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca