Penguatan Sub Sistem Peringatan Dini Tsunami Tahun 2020

Jumat, 25 Desember 2020

Badung – Jumat (25/12), Balai Besar MKG Wilayah III beserta stasiun geofisika Nganjuk, stasiun geofisika Pasuruan, dan stasiun meteorologi Banyuwangi mengadakan Pelatihan dengan tema "Penguatan Sub Sistem Peringatan Dini Tsunami". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya informasi gempabumi dan tsunami untuk mengurangi risiko bencana. Sekaligus menjadi media pertukaran informasi dan diskusi serta mengajak masyarakat dan stakeholder untuk bersama-sama untuk menjaga dan memelihara peralatan Tsunami Early Warning System, khususnya sirine.

Pelatihan ini bersamaan dengan pemasangan sirine Peringatan Dini Tsunami sebagai upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari bencana tsunami. Dalam sambutannya, Plt. Kepala Balai Besar MKG Wilayah III, M. Taufik Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya BMKG untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan stakeholder tentang informasi gempabumi dan tsunami, terutama untuk masyarakat daerah pesisir yang berpotensi terdampak bencana tsunami. Kegiatan ini disertai dengan pemasangan sirine Sistem Peringatan Dini Tsunami yang merupakan tambahan EWS (Early Warning System) untuk melengkapi sirine yang telah terpasang sebelumnya. Sirine ini nantinya akan diserahkan kepada BPBD setempat untuk digunakan sebagai peringatan evakuasi warga apabila terjadi tsunami.

Dalam acara pembukaan di Prigi-Kabupaten Trenggalek dihadiri oleh Plt. Asisten 2 Pemkab Trenggalek, Yudi Sunarko. Disampaikan bahwa pemasangan sirine EWS tersebut menambah daftar sirine peringatan dini tsunami di Kab. Trenggalek menjadi sebanyak 6 unit. Kegiatan ini juga dihadiri sekaligus dibuka oleh anggota Komisi V DPR RI, Gatot Sudjito.

Rangkaian kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di 3 lokasi, yaitu Prigi-Kabupaten Trenggalek 10 – 12 Desember 2020, Muncar-Kabupaten Banyuwangi 14 – 16 Desember 2020, dan Pancer-Kabupaten Banyuwangi 17 – 19 Desember 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari komunitas masyarakat desa, BPBD, Basarnas, TNI, Polri, perwakilan sekolah, Pemda, Puskesmas dan BMKG. Materi yang disampaikan selain dari internal BMKG, juga ada materi dari stakeholder terkait, seperti BPBD dan Destana (Desa Tangguh Bencana) yang disertai dengan diskusi yang melibatkan seluruh peserta.


Foto Bersama Acara Pembukaan Bersama Tamu Undangan dan Peserta

Foto Bersama Peserta di Lokasi Pemasangan Rambu Peringatan Daerah Rawan Tsunami

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
10 Apr 2021, 16:30:45 WIB
Magnitude : 6.0
Kedalaman : 295 km
Lokasi : 3.99 LU ; 124.73 BT
Pusat gempa berada di laut 94 km barat laut Tahuna-Kep. Sangihe
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
10-Apr-21, 04:09:06 WITA
Magnitude : 4.0 SR
Kedalaman : 13 Km
Lokasi : 8.32 LS ; 117.28 BT
24 km BaratLaut SUMBAWA-NTB




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca