Sarasehan Memperingati HMD Ke-68 BMKG Provinsi Bali

Jumat, 23 Maret 2018

Denpasar (23/03/2018), Dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia ke-68 dengan tema “Waspada Cuaca Peduli Iklim untuk Masyarakat Aman dan Sejahtera”, UPT BMKG di wilayah Provinsi Bali melaksanakan Sarasehan memperingati Hari Meteorologi Dunia ke-68 di Gedung Aula Kantor BBMKG Wilayah III Denpasar, Jalan Raya Tuban Badung Bali, diselenggarakan pada hari Kamis (22/3/2018). Tujuannya agar masyarakat lebih waspada, merasa aman, dan sejahtera terhadap bahaya hidrometeorologi, gempabumi dan tsunami. Empat narasumber yang mengisi saresehan ini, meliputi Kepala BBMKG Wilayah III Bali, Kepala Pelaksanaan BPBD Bali, Kepala Stasiun TVRI Bali, dan Kepala RRI Bali. Taufik Gunawan, selaku Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Bali mengatakan, terkait informasi keadaan iklim dan cuaca diperlukan koneksi dengan semua instansi.
"Kita selalu terkoneksi dengan BPBD dan media terkhususnya elektronik, serta masih banyak lainya, seperti TNI/Polri, Basarnas, dan lain-lain," tuturnya.
BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) juga selalu terkoneksi dengan BBMKG terkait iklim dan cuaca. Dewa Made Indra, selaku Kepala Pelaksanaan BPBD Bali menjelaskan, informasi pertama dan terpenting berasal dari BBMKG.
"Apabila BBMKG menginformasikan kepada kami, selaku BPBD harus siap. Terpenting saling komunikasi dengan pihak BBMKG," ungkap Made Indra.
Adapun media yang bermitra dengan BBMKG untuk menginformasikan kepada masyarakat adalah media televisi atau elektronik. Peran Stasiun TVRI Bali sebagai media elektronik, sangat berperan penting untuk memberitakan terkait cuaca, iklim dan gempabumi kepada masyarakat. Media elektronik lain seperti Radio RRI turut ikut bermitra dengan BBMKG. Peran dari RRI adalah mempublikasikan pantauan dari BBMKG dan BPBD secara cepat kepada masyarakat. Informasi dari BBMKG sangat penting bagi instansi lainya, seperti Bandara, dinas pertanian, dan lain-lain.


Fragmen Tari Kegiatan Sarasehan memperingati Hari Meteorologi Dunia ke-68

Pemaparan Materi oleh Kepala BBMKG Wilayah III


Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
24-Apr-18, 10:05:37 WIB
Magnitude : 5.2 SR
Kedalaman : 140 Km
Lokasi : 8.51 LS ; 118.31 BT
4 km BaratLaut DOMPU-NTB
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
14-Apr-18 , 08:55:01 WITA
Magnitude : 3.6 SR
Kedalaman : 120 Km
Lokasi : :8.61 LS ; 118.30 BT
20 km BaratDaya DOMPU-NTB



Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca