Simulasi Evakuasi Gempabumi Kuat BBMKG Wilayah III Dalam Rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2019

Jumat, 26 April 2019

Jumat (26/04/2019) Simulasi evakuasi gempabumi kuat dilakukan di gedung Kantor Balai Besar MKG Wilayah III yang diikuti oleh seluruh pegawai Balai Besar MKG Wilayah III dan Stasiun Meteorologi Ngurah Rai. Simulasi diadakan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2019 Siap Untuk Selamat, Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita. Tujuan diadakannya simulasi ini adalah untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap situasi bencana secara cepat dan tepat bagi seluruh pegawai di lingkungan Balai Besar MKG Wilayah III.

Acara simulasi evakuasi gempabumi kuat dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha IWH Budarana, SH. Dalam sambutannya menyampaikan "Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki aktivitas seismik yang cukup tinggi, karena terdapat dua sumber gempabumi signifikan, yaitu zona subduksi lempeng Australia di selatan dan sesar naik busur belakang di Bali utara. Sejarah mencatat bahwa Bali pernah mengalami gempabumi kuat yang mengakibatkan kerusakan dan jatuhnya korban jiwa. Hal ini menjadi dasar pentingnya edukasi kebencanaan dan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan sebagai upaya mengurangi resiko akibat bencana di wilayah Bali”.

Rangkaian acara simulasi meliputi: persiapan, simulasi saat gempabumi terjadi, evakuasi, evaluasi kegiatan, dan diakhiri dengan foto Bersama. Secara umum pelaksanaan simulasi evakuasi gempabumi kuat berjalan baik dengan waktu evakuasi 3-4 menit dan seluruh peserta melakukan simulasi evakuasi dengan serius dan semangat. Sehingga meningkatkan respons dan hidup ramah dengan bencana untuk menuju Indonesia Tangguh Bencana.


Kegiatan Berlindung Saat Simulasi Gempa

Kegiatan Evakuasi

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
20-Jul-19, 04:24:33 WIB
Magnitude : 5.0 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 2.76 LS ; 128.13 BT
34 km BaratLaut SERAMBAGIANBARAT-MALUKU
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
19-Jul-19, 20:33:16
Magnitude : 4.3 SR
Kedalaman : 30 km
Lokasi : 9.68 LS ; 116.18 BT
108 km BaratDaya Lombok Tengah - NTB




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca