Prakiraan Awal Musim Hujan Tahun 2019/2020 Di Provinsi Bali

Rabu, 11 September 2019

Badung - Rabu (11/9), bertempat di Kantor Balai Besar MKG Wilayah III, BMKG Provinsi Bali melaksanakan jumpa pers terkait Prakiraan Awal Musim Hujan Tahun 2019/2020 di Provinsi Bali. Kegiatan ini dihadiri dan diliput oleh beberapa awak media baik dari media cetak maupun elektronik.
Disampaikan oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah III, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl.SEIS, bahwa saat ini secara umum cuaca di wilayah Bali cerah berawan dan Awal Musim Hujan di sebagian besar wilayah Bali diprakirakan mengalami kemunduran dibandingkan dengan rata-ratanya.
Kepala Stasiun Klimatologi Jembrana, Rahmat Prasetya, SP, M.Si menambahkan bahwa secara umum Awal Musim Hujan Tahun 2019/2020 di wilayah Bali diprakirakan masuk di bulan November sebanyak 73% dan bulan Desember sebanyak 27%. Daerah yang diprediksi memasuki Awal Musim Hujan pada November Dasarian I yaitu Jembrana, Buleleng bagian Selatan, Tabanan, Badung bagian Utara, Gianyar bagian Utara dan Bangli bagian Selatan. Daerah yang diprediksi memasuki Awal Musim Hujan pada November Dasarian II dan III meliputi wilayah Jembrana bagian Barat, Buleleng bagian Tengah, Karangasem bagian Tengah, Tabanan bagian Selatan, Badung bagian Selatan dan Bangli bagian Utara. Sedangkan wilayah yang terakhir memasuki Awal Musim Hujan pada Desember dasarian I dan II diantaranya adalah Jembrana bagian Barat, Buleleng bagian Barat dan Timur, Karangasem bagian Utara, Timur dan Selatan, serta Nusa Penida.
Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai potensi angin kencang terutama di wilayah pesisir akibat peralihan angin, dan naiknya intensitas Curah Hujan pada puncak Musim Hujan yang diprakirakan terjadi pada bulan Januari – Februari 2020 yang dapat berpotensi terjadinya genangan/banjir di daerah dengan drainase kurang dan potensi tanah longsor di daerah perbukitan.


sosialisasi PMH 1

sosialisasi PMH 2

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
15-Nov-19, 07:39:12 WIB
Magnitude : 5.1 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 1.73 LU ; 126.39 BT
140 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
15-Nov-19, 00:40:17 WITA
Magnitude : 4.0 SR
Kedalaman : 10 Km
Lokasi : 8.15 LS ; 114.89 BT
22 km BaratDaya BULELENG-BALI




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca