Balai Besar MKG Wilayah III gelar Sekolah Lapang Cuaca Provinsi Bali Tahun 2020

Senin, 9 November 2020

Badung - Senin (9/11), Balai Besar MKG Wilayah III mengadakan kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Bali 2020 dengan mengusung tema "Dengan Informasi Cuaca, Melaut Aman, Nelayan Sejahtera, Dalam Masa Adaptasi Kebiasan Baru”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim guna mendukung kegiatan sektor perikanan dan kelautan.
Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Kepala Balai Besar MKG Wilayah III, M.Taufiq Gunawan menyampaikan bahwa BMKG khususnya Balai Besar MKG Wilayah III telah berupaya meningkatkan diseminasi layanan informasi meteorologi maritim kepada nelayan maupun penyuluh nelayan, serta menunjang keberhasilan pembangunan di sektor perikanan dalam adaptasi kebiasaan baru. Diharapkan kegiatan ini bisa dijadikan sarana dalam peningkatkan kemampuan antisipasi dampak gejala iklim ekstrem terhadap kegiatan perikanan.
Pada acara pembukaan dihadiri pula oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra. Disampaikan bahwa terkait dengan sektor perikanan dan kelautan, informasi BMKG dapat dipadukan dengan potensi penangkapan ikan yang tentu dapat berguna dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan sejalan dengan visi pemerintah Provinsi Bali.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. Dalam sambutannya disampaikan kepada para peserta kegiatan untuk terus memonitor perkembangan cuaca dari BMKG di Bali melalui aplikasi infoBMKG, sehingga nelayan dapat merencanakan kegiatan untuk 5 sampai 6 hari kedepan. Latar belakang diselenggarakannya SLCN adalah untuk meberdayakan para nelayan agar tetap melaut dengan aman dan produktif, meskipun masih di tengah kondisi pandemi. Pada kesempatan ini disampaikan pula kepada peserta dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menanyakan kepada pemateri hal-hal yang belum dipahami agar tidak ada masalah saat melaut.
Kegiatan SLCN Provinsi Bali dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 10 November. diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari penyuluh perikanan kabupaten/kota se provinsi Bali, perwakilan kelompok nelayan, petani garam, rumput laut dan budidaya udang. Materi yang disampaikan dalam sekolah lapang ini secara langsung maupun virtual berasal dari internal BMKG, Badan Riset dan Observasi Laut, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bali serta Bank Indonesia Provinsi Bali.


Pembukaan Oleh KBMKG

Sambutan KBMKG

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
10 Apr 2021, 16:30:45 WIB
Magnitude : 6.0
Kedalaman : 295 km
Lokasi : 3.99 LU ; 124.73 BT
Pusat gempa berada di laut 94 km barat laut Tahuna-Kep. Sangihe
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
10-Apr-21, 04:09:06 WITA
Magnitude : 4.0 SR
Kedalaman : 13 Km
Lokasi : 8.32 LS ; 117.28 BT
24 km BaratLaut SUMBAWA-NTB




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca