WORKSHOP PEMUTAKHIRAN RENCANA KONTINGENSI PENANGAN DARURAT BENCANA GEMPABUMI DAN TSUNAMI KABUPATEN BADUNG DAN PROVINSI BALI

Senin-Jumat, 14-18 Maret 2022

Pada tanggal 14 sampai 18 Maret 2022 bertempat di Hotel Ibis Denpasar, BBMKG Wilayah III Badung di undang dalam kegiatan Workshop Pemutakhiran Rencana Kontingensi Penanganan Darurat Bencana Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Badung (14-16 Maret 2022) dan Provinsi Bali (16-18 Maret 2022). Workshop ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali.

Kegiatan workshop dibuka langsung oleh Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Badung, I Wayan Darma. Sambutan juga disampikan secara daring oleh Direktur Mitigasi Bencana, Taufik Kartiko. Workshop ini diawali dengan paparan singkat oleh sejumlah narasumber dari BPBD, BNPB dan BMKG. Paparan dari BMKG dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Bidang Observasi BBMKG Wilayah III Badung, Dwi Hartanto.

Dalam paparanya, Dwi Hartanto menjelaskan tentang potensi bencana gempabumi dan tsunami di wilayah Bali terutama Kabupaten Badung. Hasil kajian terbaru menunjukkan bahwa potensi gempabumi di selatan Bali dapat mencapai skala magnitudo 8.5 dan berpotensi diikuti kejadian tsunami. Dalam paparannya juga dijelaskan terkait wilayah mana saja yang berpotensi terdampak tsunami.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan dalam workshop ini adalah Draft 0 (nol) Buku Pedoman Rencana Kontingensi Gempabumi dan Tsunami di Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali Tahun 2022. Buku pedoman ini yang nantinya akan dijadikan acuan oleh pemerintah daerah baik di tingkat Kabupaten Badung maupun Provinsi Bali dalam penanganan saat terjadi bencana gempabumi dan tsunami.


Diskusi Kelompok

Diskusi Kelompok

Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2020

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca