Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan BMKG Provinsi Bali

Senin, 25 Juni 2018

Denpasar (25/6) - Inspektorat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyelenggarakan Sosialisasi Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi para pejabat struktural dan staff di lingkungan BMKG Provinsi Bali. Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar.
Dalam sosialisasi ini, para pejabat struktural dan staff di lingkungan BMKG Provinsi Bali yang bertindak sebagai responden dan counterpart SPIP ini diberikan bimbingan dalam melakukan pengisian kuesioner survey persepsi penyelenggaraan SPIP oleh narasumber Drs. Nur Himawan, M.Si. & Nurniawaty M., S.E. dari Inspektorat BMKG. Pengisian kuesioner ini merupakan salah satu metode penilaian self assessment yang digunakan sebagai bahan Penilaian Penyelenggaraan SPIP selain pengumpulan data/bukti pendukung oleh tim counterpart.
Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dibuat dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai kepada publik atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efesien, keandalan pelaporan keuangan, pengamaman aset negara, dan ketaan terhadap peraturan perundang – undangan.
SPIP adalah pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, preview, evaluasi pematauan dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi. Seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan BMKG diharapkan dapat membangun Lingkungan Pengendalian , melakukan penilaian Resiko atas organisasi , serta meningkatkan level Maturitas SPIP.
Pada akhir kegiatan sosialisasi dilakukan pengisian kuesioner kuesioner survey persepsi penyelenggaraan SPIP oleh pejabat struktural dan staff BMKG Provinsi Bali sebagai tahap awal dalam penilaian maturitas SPIP.


Pengisian Kuesioner SPIP

Pengisian Kuesioner SPIP

Info Cuaca

Info Iklim

Informasi Gempabumi
18-Dec-18, 04:29:13 WIB
Magnitude : 5.0 SR
Kedalaman : 164 Km
Lokasi : 7.58 LS ; 128.98 BT
264 km BaratDaya MALUKUTENGGARABRT
tidak berpotensi TSUNAMI

Informasi Gempabumi
Sekitar Bali Nusra
19-Dec-18, 07:38:34 WITA
Magnitude : 4.2 SR
Kedalaman : 34 Km
Lokasi : 9.59 LS ; 118.97 BT
19 km BaratDaya SUMBABARATDAYA-NTT




Citra Satelit Cuaca

Citra Satelit Cuaca
Model Tinggi Gelombang

Model Tinggi Gelombang
Potensi Kebakaran Hutan

Potensi Kebakaran Hutan
Citra Radar Cuaca

Citra Radar Cuaca